Detail Berita

KEGIATAN PESANTREN KILAT ONLINE (BDR BULAN RAMADHAN 1441 H)
Publish Tanggal : 29-04-2020, Kategori : Berita Umum
 

Aceh Tamiang (29/04/20)

SMK Negeri 1 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, melaksanakan kegiatan Pesantren Kilat Online yang merupakan program Belajar Dari Rumah Bulan Ramadhan 1441 H. Hal ini berdasarkan surat dari Dinas Pendidikan Aceh Nomor 423.7/B/3912/2020, perihal BDR pada Bulan Ramadhan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Adapun kegiatan BDR Bulan Ramadhan ini dilaksanakan secara daring, karena itu disebut dengan Pesantren Kilat Ramadhan Online, dengan ruang lingkup materi muatan Pendidikan Agama Islam meliputi Aqidah, Akhlaq, Alqur'an, Hadits, Fiqh, dan Tarikh.

Kepala SMK Negeri 1 Karang Baru (Juliani, SP) membentuk kepanitiaan, serta melibatkan secara penuh seluruh guru Pendidikan Agama Islam sebagai nara sumber yang berkoordinasi langsung dengan Waka Kurikulum (Sri Ersada Ginting, SP) dan Waka Kesiswaan (Ummi Kalsum Khairani, S.Ag, MA) dengan menyusun silabus dan jadwal kegiatan.

Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan di SMK Negeri 1 Karang Baru bukanlah hal yang baru karena merupakan rutinitas kesiswaan setiap tahunnya. Namun, pelaksanaannya pada saat ini berbeda yaitu dilakukan secara daring, karena sedang mewabahnya covid-19 di hampir seluruh wilayah negara Republik Indonesia. Kondisi ini tentu mempengaruhi cara pelaksanaan, bahkan siswa yang bisa mengikuti kegiatan, seperti siswa yang memiliki hp android, siswa yang memiliki paket internet, dan siswa yang tinggal di kota dengan alasan tidak susah sinyal.

Pesantren Kilat Online SMK Negeri 1 Karang Baru memiliki grup WA diikuti sebanyak 254 peserta yang mungkin akan terus bertambah, peserta ini merupakan kelas X dan Kelas XI (siswa yang memiliki fasilitas HP Android dan paket internet).

Pada hari pertama kegiatan (Rabu/29 April 2020), setelah nara sumber memberikan materi, siswa aktif dalam diskusi (tanya-jawab) maupun mengerjakan quiz dan laporan ibadah harian secara online. Walaupun tidak semua peserta yang terdaftar dalam anggota grup mengikuti sesuai jadwal pertemuan yang sudah ditetapkan yaitu pukul 10.00 s.d 12.30 WIB. Hal ini disebabkan hal-hal yang tidak bisa dielakkan, seperti jaringan yang bermasalah, membantu orangtua bekerja, bahkan seorang siswa bermohon izin tidak mengikuti kegiatan karena orangtuanya baru saja meninggal dunia.

Kepala sekolah, panitia dan nara sumber berharap semua siswa tetap semangat belajar walau di rumah, karena kegiatan ini masih berlangsung sampai dua pekan mendatang (29 April s.d 14 Mei 2020), dan semoga pandemik covid-19 segera berlalu dari Bumi Indonesia terkhusus Bumi Muda Sedia Kabupaten Aceh Tamiang.